Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan
penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter akan
tetapi pada tanggal 07 November 2017 bertambah hingga 280 karakter yang dikenal
dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006
oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan
pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari
sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan
dijuluki dengan "pesan
singkat dari Internet." Di
Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna
terdaftar bisa menulis kicauan melalui antarmuka situs
web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat
seluler.
Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat dan
dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga bulan Januari 2013,
terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di
antaranya adalah pengguna aktif. Lonjakan penggunaan Twitter umumnya
berlangsung saat terjadinya peristiwa-peristiwa populer. Pada awal 2013,
pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 500 juta kicauan per hari, dan Twitter
menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per
hari. Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai
situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi
di dunia, dari yang sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.
Tingginya popularitas Twitter menyebabkan
layanan ini telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek,
misalnya sebagai sarana protes, kampanye politik, sarana
pembelajaran, dan sebagai media komunikasi
darurat. Twitter juga dihadapkan pada berbagai masalah dan kontroversi
seperti masalah keamanan dan privasi pengguna, gugatan hukum, dan
penyensoran.
Twitter dimiliki dan dioperasikan oleh
Twitter, Inc., yang berbasis di San
Francisco, dengan kantor dan peladen tambahan terdapat di New
York City, Boston, dan San Antonio. Hingga Mei 2015, Twitter telah
memiliki lebih dari 500 juta pengguna, 302 juta di antaranya adalah pengguna
aktif.
Analisa
Logo pada aplikasi Twitter
Secara internasional, Twitter dikenal dengan
logo burung birunya yang bernama "Larry the Bird". Logo asli
digunakan sejak peluncuran Twitter pada 2006 hingga bulan September 2010. Versi
modifikasi logo Twitter diluncurkan saat Twitter mendesain ulang situsnya untuk
pertama kali.
Pada 27 Februari 2012, seorang karyawan
Twitter yang menangani platform dan API perusahaan berkicau
mengenai evolusi logo "Larry the Bird", mengungkapkan bahwa logo
tersebut dinamai berdasarkan Larry Bird,
pemain NBA dari Boston Celtics. Pada 5 Juni 2012, Twitter
meluncurkan logo ketiga yang di desain ulang, menggantikan "Larry the
Bird" dengan logo baru yang dinamakan "Twitter Bird." Pada
revisi logo ini, kata "twitter", dengan huruf "t" kecil, tidak
lagi digunakan, dan burung menjadi satu-satunya simbol yang digunakan sebagai
logo perusahaan.
Menurut Douglas Bowman, desainer grafis Twitter, logo baru ini terinspirasi
dari Gunung Bluebird.
Logo pada
Twitter ini juga mengacu pada kata ‘kicauan’ dan ‘tweet’ sehingga pada logo
twitter terpadat logo bergambar burung
Berikut
beberapa fungsi logo yaitu :
Identitas
diri. Supaya dapat membedakan dengan identitas milik orang lain
Tanda
Kepemilikan. Supaya membedakannya dengan milik orang lain
Tanda
Jaminan kualitas
Mencegah
peniruan/pembajakan
Menamah
nilai positif
Propergi
legal suatu produk atau organisasi
Mengkomunikasikan
informasi seperti keaslian, nilai dan kualitas.
Modifikasi Logo Twitter
Pada logo
tersebut saya hanya menambahkan kotak “message’ dan bayangan ‘message’ dibelakangnya
yang merupakan gambaran bahwa twitter merupakan aplikasi berbasis sosial media

Tidak ada komentar:
Posting Komentar