Analisa Website
W3Schools adalah
situs web developer informasi, dengan tutorial dan referensi yang berkaitan
dengan topik pengembangan web seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, SQL, dan
JQuery.
Situs ini mendapatkan namanya dari singkatan untuk
World Wide Web; W3 adalah numeronym dari WWW. W3Schools tidak berafiliasi
dengan W3C.
Hal ini dibuat dan dimiliki oleh Refsnes data,
pengembangan perangkat lunak milik keluarga Norwegia dan perusahaan konsultan.
Situs ini menyediakan panduan referensi yang
mencakup banyak aspek pemrograman web, termasuk teknologi seperti HTML, XHTML,
CSS, XML, JavaScript, PHP, ASP, SQL dll
W3Schools menyediakan ribuan contoh kode. Dengan
menggunakan editor online yang disediakan, pembaca dapat mengedit contoh dan
mengeksekusi kode eksperimental.
Kelebihan
-Web cukup simpel, sesuai denngan prospeknya
-Pemilihan warna yang simple
-Fitur yang ada tidak berlebihan
Kekurangan
-Web hanya menampilkan tulisan dan button
-navigasi yang sedikit ribet ketika ingin memulai
exercise / pelajaran
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi
Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, KPK diberi amanat melakukan pemberantasan
korupsi secara profesional, intensif, dan berkesinambungan.
KPK merupakan lembaga negara yang bersifat independen, yang dalam melaksanakan
tugas dan wewenangnya bebas dari kekuasaan manapun.
KPK dibentuk bukan untuk mengambil alih tugas pemberantasan korupsi dari
lembaga-lembaga yang ada sebelumnya. Penjelasan undang-undang menyebutkan peran
KPK sebagai trigger mechanism, yang berarti mendorong atau sebagai
stimulus agar upaya pemberantasan korupsi oleh lembaga-lembaga yang telah ada
sebelumnya menjadi lebih efektif dan efisien.
TUGAS KPK
Mengkoordinasi dengan instansi yang berwenang
melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi (TPK).
1. Supervisi
terhadap instansi yang berwenang melakukan pemberantasan TPK.
2. Melakukan
penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap TPK.
3. Melakukan
tindakan-tindakan pencegahan TPK.
4. Melakukan
monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara.
Dalam melaksanakan tugas koordinasi, Komisi
Pemberantasan Korupsi berwenang :
1. Mengkoordinasikan
penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan tindak pidana korupsi.
2. Menetapkan sistem pelaporan
dalam kegiatan pemberantasan tindak pidana korupsi.
3. Meminta informasi tentang
kegiatan pemberantasan tindak pidana korupsi kepada instansi yang terkait.
4. Melaksanakan dengar
pendapat atau pertemuan dengan instansi yang berwenang melakukan
pemberantasan tindak pidana korupsi.
5. Meminta laporan instansi
terkait mengenai pencegahan tindak pidana korupsi.
KPK berpedoman kepada lima asas, yaitu kepastian hukum,
keterbukaan, akuntabilitas, kepentingan umum, dan proposionalitas.
KPK bertanggung jawab kepada publik dan
menyampaikan laporannya secara terbuka dan berkala kepada presiden, DPR, dan
BPK.
KPK dipimpin oleh Pimpinan KPK yang terdiri atas lima orang, seorang ketua merangkap anggota dan empat orang wakil ketua merangkap anggota. Kelima pimpinan KPK tersebut merupakan pejabat negara, yang berasal dari unsur pemerintahan dan unsur masyarakat. Pimpinan KPK memegang jabatan selama empat tahun dan dapat dipilih kembali hanya untuk sekali masa jabatan. Dalam pengambilan keputusan, pimpinan KPK bersifat kolektif kolegial
Pimpinan KPK membawahkan empat bidang, yang terdiri atas bidang Pencegahan,
Penindakan, Informasi dan Data, serta Pengawasan Internal dan Pengaduan
Masyarakat. Masing-masing bidang tersebut dipimpin oleh seorang deputi. KPK
juga dibantu Sekretariat Jenderal yang dipimpin seorang Sekretaris
Jenderal yang diangkat dan diberhentikan oleh Presiden Republik
Indonesia, namun bertanggung jawab kepada pimpinan KPK.
Ketentuan mengenai struktur organisasi KPK diatur sedemikian rupa sehingga
memungkinkan masyarakat luas tetap dapat berpartisipasi dalam aktivitas dan
langkah-langkah yang dilakukan KPK. Dalam pelaksanaan operasional, KPK
mengangkat pegawai yang direkrut sesuai dengan kompetensi yang diperlukan.
VISI DAN MISI KPK
Visi KPK (2011-2015)
“Menjadi lembaga penggerak pemberantasan korupsi
yang berintegritas, efektif, dan efisien!”
Misi KPK adalah sebagai berikut:
1. Melakukan
koordinasi dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan TPK.
2. Melakukan
supervisi terhadap instansi yang berwenang melakukan pemberantasan TPK.
3. Melakukan
penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap TPK.
4. Melakukan
tindakan-tindakan pencegahan TPK.
5. Melakukan
monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WEBSITE KPK
Kelebihan Website KPK
· Splash awa tampilan website
sangat menarik.
· Kesederhanaan tampilan
membuat pengunjung web lebih tertarik menelusuri setiap artikel pada web.
· Berita dan artikel-artikel
pada website selalu diperbarui (uptodate).
· Tulisan dan Jenis huruf yang
digunakan tidak membuat pembaca jenuh dalam mencari informasi.
· Beberapa menu yang tersedia
memiliki berbagai macam submenu yang cukup lengkap.
· Mempermudah pencarian data
karena terdapat penelusuran pencarian dibagian kanan atas
· Terdapat beberapa button
yang dapat menuju ke berbagai social media milik kpk.
· Terdapat Info Kontak yang
dapat dihubungi ketika kita memerlukannya seperti telfon, fax ataupun email.
Kekurangan Website KPK
· Kurang dilengkapi
animasi-animasi.
· Splash awal tidak didukung
baik oleh user interface pada website yang tergolong sederhana dan kurang
menarik.
Setelah menganalisis website dari KPK, saya ingin
mengetahui seberapa banyak orang yang telah berkunjung ke www.kpk.go.id tersebut.
Untuk itu saya menggunakan Tools pengukuran web. Pada postingan ini saya
menggunakan tools Alexa.com.
Hasil dari pengukuran untuk situs ww.kpk.go.id pada
tools Alexa.com adalah,
Pada bagian diatas kita dapat mengetahui bahwa
situs website ini telah dikunjungi sebanyak 177.376 kali secara global, dan
2.690 kali secara nasional. Setiap visitor raa-rata membuka 2 sampai 3 page
view setiap kali berkunjung dan setidaknya menggunakan waktu 3 menit.
Selanjutnya pada bagian diatas mendekskripsikan
pengunjung dari website ini menurut jenis kelamin, pendidikan, dan lokasi
membuka website.
Pada bagian diatas merupakan kata kunci yang sering
digunakan untuk masuk ke dalam website kpk ini.
Data pada Alexa.com ini diambil pada Senin, 27
Oktober 2014 pukul 21.55 wib.
Logo Facebook
dari tanggal 23 Agustus 2005 hingga 1 Juli 2015
Halaman utama
Facebook menampilkan formulir log masuk di kanan atas untuk pengguna terdaftar,
dan formulir pendaftaran di bawahnya untuk pengunjung baru.
Pengguna dapat
membuat profil dilengkapi foto, daftar ketertarikan pribadi, informasi kontak,
dan informasi pribadi lain. Pengguna dapat berkomunikasi dengan teman dan
pengguna lain melalui pesan pribadi atau umum dan fitur obrolan. Mereka juga
dapat membuat dan bergabung dengan grup ketertarikan dan "halaman
kesukaan" (dulu disebut "halaman penggemar" hingga 19 April
2010), beberapa di antaranya diurus oleh banyak organisasi dengan maksud
beriklan.[89]
Untuk mencegah
keluhan tentang privasi, Facebook mengizinkan pengguna mengatur privasi mereka
dan memilih siapa saja yang dapat melihat bagian-bagian tertentu dari profil
mereka. Situs web ini gratis untuk pengguna dan mengambil keuntungan melalui
iklan seperti iklan spanduk. Facebook
membutuhkan nama pengguna dan foto profil (jika ada) agar dapat diakses oleh
setiap orang. Pengguna dapat mengontrol siapa saja yang dapat melihat informasi
yang mereka bagikan, juga menemukannya melalui pencarian dengan memanfaatkan
pengaturan privasi.
Media sering
memperbandingkan Facebook dengan MySpace, namun satu perbedaan utama di antara
kedua situs tersebut adalah tingkat kustomisasinya. Perbedaan lainnya
adalah persyaratan Facebook agar pengguna dapat mengatur identitas asli mereka,
dan langkah tersebut tidak diterapkan di MySpace. MySpace mengizinkan
pengguna mendekorasi profil mereka menggunakan HTML dan Cascading Style Sheets (CSS),
sementara Facebook hanya mengizinkan teks mentah. Facebook memiliki sejumlah fitur
yang dapat berinteraksi dengan pengguna. Salah satunya adalah Dinding, kotak di
setiap halaman profil pengguna yang mengizinkan teman mereka mengirimkan pesan
kepada pengguna tersebut, yang memungkinkan pengguna mengirimkan
"colekan" virtual satu sama lain (pemberitahuan memberitahu pengguna
bahwa mereka telah dicolek); Foto, tempat
pengguna dapat mengunggah album dan foto; dan Status, yang
memungkinkan pengguna untuk memberitahukan teman mereka mengenai keberadaan dan
tindakan mereka saat itu. Tergantung pengaturan privasinya, setiap orang yang
dapat melihat sebuah profil pengguna dapat juga melihat Dinding pengguna. Bulan
Juli 2007, Facebook mulai mengizinkan pengguna mengirimkan lampiran di Dinding,
berbeda dari Dinding sebelumnya yang terbatas pada konten teks saja.
Antarmuka pengguna
grafisFacebook pada telepon genggam
Sepanjang
waktu, Facebook menambahkan fitur ke situsnya. Pada 6 September 2006, News Feed diluncurkan
yang ditempatkan di setiap halaman utama pengguna dan memberitahukan informasi
seperti perubahan profil, acara berikutnya, dan ulang tahun teman pengguna. Hal
ini memungkinkan pengirim spam dan pengguna lain memainipulasi fitur-fitur
tersebut dengan membuat acara bohong atau ulang tahun bohong demi menarik
perhatian ke profil atau kampanye tersebut. Awalnya, News Feed memunculkan
ketidakpuasan di antara pengguna Facebook; sejumlah di antaranya mengeluh
karena terlalu berantakan dan penuh dengan informasi yang tidak perlu,
sementara pengguna lain menganggapnya mudah bagi pengguna untuk melacak
aktivitas seseorang (seperti perubahan status hubungan, acara, dan percakapan
dengan pengguna lain).
Sebagai respon,
Zuckerberg mengirimkan permintaan maafnya atas kegagalan situs ini untuk
memasukkan fitur privasi yang dapat diatur sendiri. Sejak itu, pengguna mulai
mendapat kontrol terhadap jenis-jenis informasi apa saja yang dapat dibagikan
secara otomatis kepada teman. Sekarang pengguna mampu mencegah sekelompok teman
melihat pembaruan aktivitas-aktivitasnya seperti perubahan profil, kiriman
Dinding, dan teman yang baru ditambahkan.
Tanggal 23
Februari 2010, Facebook diberikan paten terhadap serangkaian aspek News
Feed-nya. Paten ini mencakup News Feed ketika pranala dikirimkan sehingga satu
pengguna dapat berpartisipasi dalam aktivitas yang sama seperti pengguna
lain. Paten ini mendorong Facebook untuk mengambil tindakan terhadap
situs-situs yang melanggar patennya, seperti Twitter.
Salah satu
aplikasi paling populer di Facebook adalah Foto, tempat
pengguna dapat mengunggah album dan foto Facebook mengizinkan pengguna untuk
mengunggah foto dalam jumlah tak terbatas, dibandingkan layanan penyimpanan gambar seperti Photobucket dan Flickr yang membatasi jumlah foto yang dapat
diunggah seseorang. Pada tahun-tahun pertamanya, pengguna Facebook dibatasi
untuk mengunggak 60 foto per album. Pada Mei 2009, batas ini dinaikkan
menjadi 200 foto per album.
Pengaturan
privasi dapat diatur untuk album individu yang membatasi kelompok pengguna yang
dapat melihatnya. Misalnya, privasi suatu album diatur sedemikian rupa sehingga
hanya teman pengguna yang bisa melihatnya, sementara privasi album lain diatur
sehingga semua pengguna Facebook bisa melihatnya. Fitur lain dari aplikasi Foto
adalah kemampuannya untuk "tag",
atau menandai pengguna di sebuah foto. Misalnya, jika sebauh foto berisi
seorang teman pengguna, maka pengguna dapat menandai temannya di foto tersebut.
Tindakan tersebut mengirimkan pemberitahuan kepada teman yang ditandai dan
memberikan mereka tautan untuk melihat foto tersebut.
Facebook Notes
diperkenalkan pada 22 Agustus 2006, sebuah fitur blog yang mengizinkan tag dan
penanaman gambar. Pengguna dapat mengimpor blog dari Xanga, LiveJournal, Blogger, dan layanan blog lain. Sepanjang minggu
7 April 2008, Facebook merilis aplikasi pesan instan berbasis Comet bernama
"Chat" ke sejumlah profil, yang mengizinkan pengguna berkomunikasi
dengan teman dan fungsinya sama seperti pengantar pesan instanberbasis desktop.
Facebook
meluncurkan Gifts pada 8
Februari 2007 yang memungkinkan pengguna mengirimkan hadiah virtual kepada
temannya yang muncul di profil penerima. Masing-masing hadiah berharga $1,00
dan pesan pribadi dapat disertakan pada setiap hadiah.[115][116] Tanggal 14 Mei 2007, Facebook
meluncurkan Marketplace, yang
memungkinkan pengguna mengirimkan iklan pendek gratis. Marketplace telah
dibanding-bandingkan dengan Craigslist oleh CNET,
yang menunjukkan bahwa perbedaan utama antara keduanya adalah daftar yang
dikirimkan pengguna di Marketplace hanya bisa dilihat oleh pengguna yang berada
di jaringan yang sama seperti pengguna tersebut, sementara daftar yang
dikirimkan di Craigslist dapat dilihat oleh semua orang.
Tanggal 20 Juli
2008, Facebook meluncurkan "Facebook Beta", yaitu desain ulang
antarmuka penggunanya pada beberapa jaringan. Mini-Feed dan Dinding
digabungkan, profil dipisah menjadi tab, dan mereka berusaha untuk membuatnya
terlihat lebih "sederhana".Setelah awalnya memberi pengguna pilihan
untuk pindah, Facebook mulai memindahkan semua pengguna ke versi halaman baru
pada September 2008.[120] Tanggal 11 Desember 2008,
diumumkan bahwa Facebook sedang menguji proses pendaftaran yang lebih mudah.
Tanggal 13 Juni
2009, Facebook memperkenalkan fitur "Usernames", yaitu
halaman-halaman dapat ditautkan menggunakan URL yang
lebih simpel seperti http://www.facebook.com/facebook dibandingkan
dengan http://www.facebook.com/profile.php?id=20531316728. Banyak telepon pintar baru menawarkan akses ke
Facebook melalui peramban web atau aplikasi mereka. Aplikasi Facebook yang
resmi diluncurkan untuk iPhone OS, Android OS,
dan WebOS. Nokia dan Research In Motion menyediakan
aplikasi Facebook pada telepon genggam mereka. Lebih dari 150 juta pengguna
aktif mengakses Facebook melalui telepon genggam yang terdaftar pada 200
operator di 60 negara.
Tanggal 15
November 2010, Facebook mengumumkan layanan "Facebook Messages" baru.
Pada media hari itu, CEO Mark Zuckeberg mengatakan, "memang benar bahwa
seseorang dapat memperoleh alamat surel @facebook.com, namun itu bukan
surel." Peluncuran fitur tersebut telah diantisipasi sementara waktu
sebelum pengumuman ini, dengan sejumlah pengamat menyebutnya sebagai
"pembunuh Gmail". Sistem ini, yang akan diluncurkan kepada semua
pengguna situs tersebut, menggabungkan pesan teks, pesan instan, surel,
dan pesan reguler, dan akan meliputi pengaturan privasi sama seperti layanan
Facebook. Dijuluki "Project Titan", Facebook Messages memakan 15
bulan dalam pengembangannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar